//]]> Myblog: Tutorial Modelling Rumah sederhana dengan 3ds Max

Kamis, 19 Januari 2017

Tutorial Modelling Rumah sederhana dengan 3ds Max

 
Untuk mendesain rumah dengan 3DS Max pertama –tama agan harus punya lahan dulu, oke langsung aja kita buat lahannya dulu dengan menggunakan plane tapi sebelumnya agan setting dulu unit setup menjadi meter. Caranya pilih Customize pilih unit setup pilih metric lalu ubah menjadi meter. setelah itu baru agan buat plane dari tampak atas (top). Aktifkan layar plane yang barusan agan buat lalu klik Modify atur parameternya length 12m width 7m, length segs 12 dan width segs 7. Klik zoom Extents all yang ada di pojok bawah.
tutorial 3ds max modelling
Step selanjutnya kita buat denah rumahnya menggunakan line masih dari tampak atas tapi sebelumnya kita hilangkan grid dilayar tampak atas terlebih dahulu caranya tekan G jika sudah tampilkan layar tampak atas menjadi satu layar agar lebih mudah membuat denahnya caranya klik Maximize Viewport toggle yang berada dipojok kanan bawah. Oke langsung aja kita buat denahnya menggunakan line, klik create klik shapes lalu pilih line setelah itu buat denah seperti gambar dibawah atau buat denah sesuai selera agan hhehe perlu diketahui agan satu kotak plane yang tadi kita buat itu ukurannya 1 x1 meter.
tutorial 3ds max modelling
Jika denah udah dibuat selanjutnya terapkan pada masing-masing line edit spline caranya pada bagian modifier list, pilih edit spline lalu klik tanda + dan klik spline setelah itu roll ke bagian bawah cari tulisan outline setelah itu beri nilai outline 0,12 m klik enter, outline disini untuk menentukan ketebalan dinding rumah yang akan kita buat, Hasilnnya seperti ini.
tutorial 3ds max modelling




Lanjut ga gan? Hehe oke selanjutnya seleksi semua line yg sudah di outline kemudian terapkan extrude pada modifier list caranya klik modiferlist cari perintah extrude kemudian beri nilai 3,5 m pada amount lalu tekan enter nilai amount disini untuk menentukan tinggi dinding. Hasilnya seperti ini untuk melihat hasilnya agan klik Maximize Viewport toggle yang ada dibawah pojok kanan.
tutorial 3ds max modelling
Oke agan selanjutnya kita buat lubang hhehe iya lubang buat pintu gan, kita buat pintu buat depan rumahnya dulu ya gan biar ga puyeng bikinnya satu satu hhehe caranya buat box terlebih dahulu dari tampak atas (top). klik create pilih standard lalu klik box setelah itu klik modify atur dengan parameter length 1m width 1,7 dan height 2,5 m, nanti hasilnya kaya gambar dibawah gini ya gan, kalo ga kaya gini ngulang lagi dari awal ya wkwk
tutorial 3ds max modelling
Ko belum ada lubang buat pintunya sih? Ya sabar dong gan kita buat ukurannya dulu yah hehe
Setelah itu kita buat pintu buat kamar tidur, kamar mandi ya gan masih dari tampak atas gan inget gan atas wkwkwk, caranya hampir sama kaya buat pintu depan rumah buat box dulu, bisa kan buat box? Hhehe kalo ga bisa ane kasih tau caranya klik create pilih standard klik box buat deh dari tampak atas, setelah itu atur parameternya length 0,7m width 0,7m dan height 2,5m nanti kaya gini ya gan hasilnya
tutorial 3ds max modelling
Kamanya ka ada dua? Biar ga repot copas aja box pintu kamar yang pertama ke kamar yang ke dua gan, begitu juga kamar mandi copas aja gan biar ga cape hhehe caranya pilih select and move masih dari tampak atas klik box yang buat lubang pintu tadi kemudian drag box ke kamar yang ke dua sambil menekan tombol shift inget ya sambil tekan tombol shift hhe nanti ada pilihan clone options pilih aja copy lalu klik ok, buat kamar mandi sama kaya tadi ya gan drag boxnya sambil tekan shift, kaya gini hasilnya gan.
tutorial 3ds max modelling
Nah kalo box udah jadi semua tahap selanjutnya tinggal lubangin, caranya aktifkan objek dinding luar Cuma klik doang dinding luarnya gan, kaya gini penampakannya
clip_image016
Kalo udah aktif klik create pilih compound lalu klik Boolean setelah itu klik pick operand B yang berada di kanan tengah layar, lalu klik box pintu yang didepan hasilnya bakalan kaya gini.
clip_image018
Bolong ga gan temboknya? Wkwkw bolong kan, bolongin juga tembok kamar tidur sama kamar mandi ya gan caranya sama kaya tadi pake teknik Boolean, buat juga bolongan tembok buat jendela ya gan sama pintu belakang rumah, caranya sama kaya buat bolongan tembok buat pintu depan, caranya buat box dulu setelah itu terapkan teknik Boolean supaya temboknya bolong wkwkwk
Nanti hasilnya kaya gini ya gan, cek dibawah gambarnya wkwk
clip_image020
Kalo udah bolong tinggal buat pintunya deh ya gan hhehe langsung aja kita buat pintunya ya, caranya gini gan klik create pilih AEC objects klik pivot door buat deh dari tampak atas hasilnya kaya gini
clip_image022setelah buat pintu selanjutnya kita buat jendela, caranya klik create pilih AEC objects klik Fixed Windows lalu buat jendela dari tampak atas dan sesuai kan ukurannya.
clip_image024
Selanjutnya kita buat atap rumah pertama buat objek box kemudian sesuai kan seperti gamabar dibawah ini
clip_image026
Setelah itu agan klik box yang barusan dibuat lalu klik modify pada modifier list pilih edit mesh dan klik, lalu klik tanda + dan klik polygon kemudian tunjuk polygon atau bagian atas box lalu scrool ke bawah cari tulisan extrude setelah itu agan extrude dengan nilai 2 m, setelah di extrude scale polygon yang sudah agan extrude seperti gambar dibawah
clip_image028
Buat box lagi untuk bagian depan rumah yang belum tertutup
clip_image030
Kalo udah extrude dengan cara yang sama kaya tadi extrude dengan nilai 1,5 dan scale sehingga menjadi seperti ini
clip_image032
Bentuk rumah sudah selesaaaai, sekarang kita tinggal member texturs pada rumah yang kita buat, pertama kita buat texture untuk atap caranya klik material editor, nanti bakal ada dialog kotak seperti ini
clip_image034
Agan klik tulisan maps setelah itu pilih diffuse color dan klik tulisan none yang berada disamping tulisan diffuse color lalu klik bitmap setelah itu agan cari gambar genteng dikomputer agan, setelah itu agan pilih polygon box yang hanya untuk atapnya aja lalu pada material editor klik put material to scene dan show standard map agan atur nilai tiliingnya supaya texturenya terlihat setelah itu pada modifier list agan terapkan upw mapping hasilnya kurang lebih seperti ini gan
clip_image036
Lakukan kembali pada atap yang ke dua kemudian untuk dinding agan buat material editor yang baru caranya sama seperti mebuat texture genteng.
Kurang lebih hasilnya seperti ini
clip_image038

Tidak ada komentar:

Posting Komentar